SOSIALISASI ILMU MITIGASI BENCANA KEPADA SISWA SMA NEGERI 11 KERINCI DALAM RANGKA MENAMBAH PENGETAHUAN DALAM MELAKUKAN MITIGASI BENCANA

Kerisjambi.id
By -

 


KerisJambi.id-Kerinci, Prodi Teknik Geofisika Universitas Jambi menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang ditujukan kepada siswa SMA Negeri 11 Kerinci yang diadakan Tanggal 13 Agustus 2022 secara offline. Kegiatan ini dilakukan dengan maksud untuk memperkenalkan Prodi Teknik Geofisika ke sekolah terutama SMA Negeri 11 Kerinci serta memberikan sosialisasi ilmu mitigasi bencana kepada masyarakat yang diwakilkan oleh siswa SMA. Salah satu alasan kenapa kegiatan sosialisasi ini dilakukan di kerinci bahwa Kabuipaten Kerinci merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi bencana alam yang cukup besar. Hal ini dikarenakan secara geografis Kabupaten Kerinci berada di daerah rawan bencana. Bencana yang berpotensi di wilayah Kabupaten Kerinci adalah Gempa bumi, Tanah Longsor, Banjir, Letusan Gunung Api.



Kegiatan sosialisai dilakukan oleh Ketua Prodi Teknik Geofisika Ira Kusuma Dewi,S.Si.,M.T. dalam penyampaian materi sosialisasi selain bencana alam yang sering terjadi di Kerinci, Pemateri juga menjelaskan bencana alam Tsunami dan Sinckhole. Selain ciri-ciri bencana alam yang dipaparkan, pemateri juga menjelaskan bagaimana upaya mitigasi yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana alam baik dari sebelum bencana, saat bencana dan setelah bencana. Sehingga upaya mitigasi bencana tersebut dapat meminimalkan resiko yang akan terjadi akibat bencana. Selama proses penyampaian materi, siswa sangat serius mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan. Hal ini terbukti dengan bisanya siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri. Selain aktif menjawab pertanyaan siswa juga aktif bertanya.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan bermanfaat kepada siswa sebagai perwakilan masyarakat dan dapat meneruskan materi sosialisasi ini kepada keluarga dan masyarakat sekitar sehingga secara tidak langsung masyarakat juga mendapatkan penjelesan mengenai ilmu mitigasi bencana.


Pewarta: And