KPU Tebo Rampungkan Coklit Data Pemilih Pilkada Serentak 2024

Dokumentasi Kerisjambi.id 

Kerisjambi.id-TEBO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tebo telah merampungkan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan oleh pantarlih.

Komisioner KPU Tebo Ahmad Junaidi, mengungkapkan selama coklit dilaksanakan terdapat di satu desa terkendala karena adanya ketidaksesuaian antara Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan data yang ditemukan dilapangan.

"Kami kemarin ada turun bersama Bawaslu di Dusun Sentano, Desa Balai Rajo, Kecamatan VII Koto Ilir. Disitu pantarlih kita mengalami kesulitan karena hasil pemetaan berbeda dengan data asli pemilihnya, karena disitu tanda kutip, daerah kawasan," kata Junaidi, Jumat (19/7/2024).

Untuk itu pihaknya melakukan pencocokan agar masyarakat yang berada di sana tetap terakomodir hak pilihnya.

Junaidi menambahkan usai coklit sudah selesai 100 persen, kini masyarakat sudah dapat mengecek sudah terdaftar atau tidaknya pada DPT online.

Ia menjelaskan bahwa pada Pilkada 27 November mendatang, KPU melakukan perampingan TPS. Setiap TPS nantinya akan diisi maksimal 600 pemilih.

"Kalau Februari lalu ada 1.044 total TPS di Tebo, kalau untuk pilkada ini ada 562 TPS. Tapi kemungkinan dari hasil coklit ini ada penambahan TPS," pungkasnya. 

Redaksi
Tags