Memasuki Musim Kemarau, HMI Cabang Jambi Waspadai Karhutla dan Krisis Air Bersih


Kerisjambi.id-Memasuki musim kemarau, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jambi mengeluarkan imbauan kepada pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta krisis air bersih yang dapat terjadi di wilayah tersebut.


Formatur Ketua HMI Cabang Jambi, Tesa Mardian, menyatakan pentingnya peran aktif pemerintah dalam mengatasi potensi ancaman ini. "Musim kemarau selalu menjadi periode yang rawan bagi Jambi. Kami mengingatkan pemerintah dan stake holder terkait untuk segera mengambil langkah-langkah pencegahan karhutla dan memastikan ketersediaan air dan air bersih bagi masyarakat," ujarnya.


Tesa menambahkan bahwa HMI Cabang Jambi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi masalah karhutla dan krisis air bersih. Kesadaran dan kerjasama dari semua pihak dinilai sangat penting dalam menghadapi tantangan ini.


HMI Cabang Jambi juga menyoroti perlunya peningkatan fasilitas pemantauan dan penanganan dini di titik-titik rawan kebakaran. "Kami berharap pemerintah dapat memperkuat sistem pemantauan dan penanganan dini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang lebih besar, selain itu hmi Cabang Jambi siap berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya mencegah maupun menghadapi persoalan ini," tambah Tesa Mardian.


Dengan imbauan yang telah disampaikan, HMI Cabang Jambi berharap pemerintah dan masyarakat dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi musim kemarau, serta mencegah terjadinya bencana yang lebih besar.