PERDANA DESA IBRU TERIMA SISWA MAGANG SMK N 1 BAYUNG LINCIR

Kerisjambi.id - Desa Ibru Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi menerima tiga siswa magang (Rivaldo, Retno, Tiara) dari SMK Negeri 1 Bayung Lincir Jurusan akuntasi keuangan lembaga, Senin (08/7/24) oleh seluruh Perangkat Desa Ibru, Babinkamtibmas dan BUMDes Suka Makmur Desa Ibru.


Kegiatan Magang/praktik kerja SMK Negeri 1 Bayung Lincir ini direncanakan akan berlangsung selama lebih kurang empat Bulan terhitung dari tanggal 9 Juli 2024 sampai dengan 9 November 2024. Kegiatan Magang/Praktik kerja ini diselenggarakan untuk menambah kemampuan akademik, pengalaman praktik dan soft skill siswa. 


Guru Pembimbing siswa magang, Ibu Yuli Sri Ayu S.Pd mengatakan bahwa setiap siswa wajib mengikuti program magang/praktik sebagai bagian dari proses belajar mereka dalam menerapkan teori yang telah didapat secara formal di dalam sekolah. Ia berharap semoga ilmu yang didapat siswa saat di sekolah dapat di implemetasikan di tempat kerja terutama di Kantor Desa Ibru serta diharapkan siswanya mampu menyerap ilmu yang diberikan oleh seluruh Perangkat Desa Ibru dan Lembaga lainnya seperti BUMDesa baik secara teori maupun secara praktik. Serta dapat memberi manfaat baik bagi Desa Ibru maupun untuk Siswa magangnya. 


SMK adalah jenjang pendidikan yang kurikulumnya didesain untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap bekerja. Artinya, sistem pendidikannya dibuat sefamiliar mungkin dengan dunia kerja agar siswa lebih kompeten dan ahli di bidang yang dipelajarinya.


Desa Ibru dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kegiatan pembelajaran magang atau Praktik Kerja lapangan (PKL) bagi siswa SMK dan Perguruan Tinggi karena Desa Ibru secara pengelolaan roda pemerintahnya di lakukan secara transparan dan akuntabel sehingga menghantarkan Desa Ibru sebagai salah satu Desa Terbaik di Provinsi Jambi beberapa prestasi Desa Ibru dan Lembaga lainnya empat tahun kebelakangan ini seperti, Desa Laboratorium Universitas jambi, penghargaan Abdidaya Nasional KEMENDIKBUDRISTEK, BUMDesa EXPO Terbaik se Provinsi Jambi, Lomba Desa terbaik IV Kab. Muaro Jambi, Program Tiga Pilar Terbaik Provinsi Jambi, Lomba Anti Korupsi Terbaik Kabupaten Muaro Jambi dan Desa Brilian.


Menyambut hal tersebut, Kepala Desa Ibru Bapak Arman menyampaikan pihaknya sangat senang dengan adanya siswa yang magang di Desa Ibru. Harapannya siswa mampu beradaptasi di dunia kerja dengan berbagai bidangnya, memiliki inisiatif tinggi untuk berkontribusi pada kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan, baik kegiatan di dalam kantor Desa Ibru maupun terjun langsung ke lapangan.


Oleh : M. Anggoro Kasih