Rekomendasi Wisata Danau di Provinsi Jambi

 

Di Provinsi Jambi, terdapat beberapa danau yang menjadi destinasi wisata utama. Berikut adalah beberapa di antaranya beserta alamatnya:

 

1. Danau Sipin

   - Lokasi: Jl. Pattimura, Kota Jambi

Danau Sipin adalah salah satu danau yang ada di Kota Jambi. Danau Sipin merupakan sebuah fenomena alam yang menarik yang terbentuk berkat topologi unik sungai Batanghari. Fenomena ini terjadi ketika aliran sungai Batanghari mengalami perubahan bentuk yang disebut "ladam' atau oxbow lake dalam terminologi topografi. 


2. Danau Kaco

   - Lokasi: Desa Lempur, Kecamatan Lempur, Kabupaten Kerinci

   Danau Kaco merupakan danau yang terletak di kabupaten KerinciJambi. Tepatnya di desa Lempur, kecamatan Gunung Raya.Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan situs warisan UNESCO. Danau kaco memiliki luas sekitar 90 meter persegi dan memiliki kedalaman yang belum diketahui. Secara geografis danau ini terletak di 101.540402 BT dan 2.330258 LS pada ketinggian 1229 mdpl. 

3. Danau Gunung Tujuh

   - Lokasi: Desa Pelompek, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci

Danau Gunung Tujuh merupakan danau yang terletak di desa Pelompek, kabupaten KerinciJambi. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. 

5. Danau Kerinci

 - Lokasi: Desa Air Hangat, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci

Danau Kerinci merupakan sebuah danau yang terletak di kabupaten Kerinci, provinsi JambiIndonesia. Danau ini memiliki luas wilayah 5.000 meter persegi dengan memiliki ketinggian 783 meter di atas permukaan laut. Danau yang terletak di kaki Gunung Rayo ini merupakan danau terbesar yang ada di kabupaten Kerinci, luasnya adalah 4.200 hektare. Danau Kerinci merupakan danau vulkanik yang memiliki kedalaman 110 meter. 

6. Danau Embung Buluh

- Lokasi: Desa Air Batu, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Muaro Jambi

   - Alamat: Desa Air Batu, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Muaro Jambi

 

Demikianlah beberapa danau yang bisa Anda kunjungi di Provinsi Jambi beserta alamatnya. Pastikan untuk memeriksa informasi terbaru atau petunjuk lokal sebelum mengunjungi agar dapat menikmati pengalaman wisata yang optimal.