OLAH LAHAN KOSONG MENJADI KEBUN TOGA DAN PANGAN OLEH DASAWISMA SERAI IV DESA SEBAPO

 

Dok. Kelompok Dasawisma Serai IV RT.04 Dusun Seroja Desa Sebapo

Kerisjambi.id - Dasawisma Serai IV adalah salah satu dari beberapa Dasawisma di lingkungan Desa Sebapo bertempat di Jl. Jambi Palembang Km. 23 RT. 04 Desa Sebapo Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.


Melalui program Desa Unggulan dan menyongsong HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79. Pemerintah Desa Sebapo melaksanakan dan memperkokoh program pemberdayaan yaitu salah satunya  program pengembangan kebun Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan tanaman pangan di setiap Rukun Tetangga (RT) di lingkungan Desa Sebapo, salah satu Kelompoknya yaitu Dasawisma Serai IV yang sudah berhasil menyulap lahan tidur menjadi kebun buah, hias, sayur dan tanaman obat serta jenis tanaman lainnya yang memiliki manfaat bagi masyarakat.


Ketua Dasawisma Serai IV lbu Nur Asiah mengatakan, ada lebih dari 30 (tiga puluh) ibu-ibu yang aktif dalam pengelolaan kebun kelompok tersebut. Mulai dari penyediaan bibit oleh swadaya kelompok, proses pengolahan lahan, tanam, merawat, sampai dengan pemanenan dengan harapan tercukupinya kebutuhan tanaman obat tradisional dan pangan keluarga.


Menurutnya, pertanian yang sedang digalakkan saat ini adalah pertanian organik. Artinya, proses perawatan tanaman tidak menggunakan pupuk kimia berbahaya. Akan tetapi, mengandalkan pupuk alami seperti kompos dan sejenisnya.

Kelompok yang berada di bawah koordinasi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Sebapo Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, sukses memaksimalkan lahan seluas lebih kurang 25 × 15 meter.


Sebagai informasi Aku Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat yang memanfaatkan halaman atau pekarangan di sekitar dengan ditanami tanaman produktif, tanaman hias, tanaman toga maupun sayuran sehingga dapat memperindah halaman dan menambah kenyamanan rumah.


Untuk mengkampanyekan hal di atas, saat ini para ibu-ibu sudah mulai melakukan hal yang sama di pekarangan rumahnya masing-masing untuk mendukung program ketahanan pangan dan menekan angka stunting khususnya di RT.04 Desa Sebapo. Harapan dari ibu-ibu pada 2025 mendatang terdapatnya perhatian khusus berupa anggaran untuk pemberdayaan Kelompok Dasawisma di Desa Sebapo.

 

 

 Penulis : Ir. M. Anggoro Kasih, S.P.,IPP