RSJD Provinsi Jambi Resmi Berganti Nama Jadi RSJD Kolonel H. M. Syukur, Gubernur Al Haris: Rumah Sakit Media Pelayanan Kesehatan Masyarakat

 

Kerisjambi.id - Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH mengemukakan, RSJD Kolonel H. M. Syukur hadir ditengah masyarakat Provinsi Jambi, bukan hanya menangani masalah kejiwaan saja, namun RSJD Kolonel H.M. Syukur juga melayani pemeriksaan syaraf, bedah, gigi, poli anak, dan layanan lainnya, dapat sebagai media pelayanan kesehatan masyarakat Provinsi Jambi. Hal tersebut dikemukakan Gubernur saat Peresmian Nama Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi Menjadi Rumah Sakit Jiwa Kolonel Infantri H. Muhammad Syukur Provinsi Jambi, bertempat di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi, Selasa (17/09/2024).


Dalam sambutan dan arahannya Gubernur Al Haris menyampaikan bahwa Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi merupakan satu-satunya pusat rujukan pelayanan kesehatan jiwa di Provinsi Jambi yang dibangun pada tahun 1983. "Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi telah menjalankan fungsinya sebagai pelayan khusus kesehatan jiwa dan bertransformasi dengan pelayanan non-jiwa, dengan melengkapi berbagai fasilitas kesehatan, yakni Poli Penyakit Dalam, Poli Bedah, Poli Anak, Poli Syaraf, Poli Rehabilitasi Medik, Poli Akupuntur, Poli Psikologi serta dilengkapi Instalasi Radiologi dan Laboratorium Klinis, Ruang Operasi, ICU, HCU, dan Gedung Manajemen," ujar Gubernur Al Haris.


Dikatakan Gubernur Al Haris, pemberian nama ini sudah kajian yang cukup panjang, sebab pemerintah daerah sudah mulai mengganti nama-nama gedung, bangunan dengan nama-nama orang yang telah dianggap berjasa dan berjuang untuk Provinsi Jambi, seperti mantan-mantan pejabat Provinsi Jambi. "Kedepannya nama gedung-gedung atau bangunan akan diberi nama para mantan pejuang atau pejabat Provinsi Jambi, dengan kajian terlebih dahulu, kemaren kita sudah meresmikan Graha Utama Masjchun Sofwan, SH dan Seberang Kota Jambi juga ada rumah sakit Abdurrahman Sayoeti, nantinya adalagi stadion, kita akan kasih nama juga," kata Gubernur Al Haris.


"Kenapa Rumah Sakit Jiwa Daerah ini kita ubah namanya, selama ini kebanyakan orang terkonotasi dengan namanya rumah sakit jiwa, untuk saat ini yang diobati tidak saja jiwa, yang lainnya juga banyak berobat disini, kita juga merubah mindset bahwa ini rumah sakit tugasnya tidak saja melayani kejiwaan saja, melainkan berobat orang dengan secara fisik yang lainnya, sekarang dokternya juga sudah lengkap disini, selain mewujudkan komitmen pemerintah, Rumah Sakit Jiwa senantiasa mendukung pelayanan kesehatan yang lebih baik, meningkatkan sarana dan prasarana serta layanan kesehatan mental, sekaligus menjawab tantangan kebutuhan pelayanan yang terus meningkat kualitas dan kuantitasnya saat ini," lanjut Gubernur Al Haris.


"Kita harus ciptakan rumah sakit jiwa ini dengan berbagai layanan medis, mengubah mindset masyarakat soal rumah sakit jiwa, bukan hanya terfokus kepada pasien kejiwaan,” imbuh Gubernur Al Haris.


Gubernur Al Haris menjelaskan, dengan adanya beberapa fasilitas dan Pelayanan Non Jiwa Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi, namanya berubah menjadi Rumah Sakit Jiwa Kolonel Infantri H. Muhammad Syukur Provinsi Jambi. "Semoga dengan perubahan nama akan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Provinsi Jambi dan memberikan pelayanan yang berkualitas. Kedepannya kita juga akan bangun pusat rehabilitasi medik, bagi pasien pasca operasi, baik itu jantung serta penyakit lainnya, wajib untuk daerah fasilitasi dengan fasilitas yang memadai," jelas Gubernur Al Haris.


"Pemberian nama Rumah Sakit Jiwa Kolonel Infantri H. Muhammad Syukur sudah melalui proses, penelusuran, kajian, dan rumusan bahwa nama dimaksud sebagai bentuk penghargaan atas jasa Kolonel Infantri H. Muhammad Syukur dalam proses berkembangnya Provinsi Jambi," sambung Gubernur Al Haris.


Lebih lanjut Gubernur Al Haris juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Kolonel Infantri H. Muhammad Syukur atas persetujuan dan keikhlasannya memberikan nama Rumah Sakit Jiwa Daerah dengan nama almarhum Bapak Kolonel Infantri H. Muhammad Syukur. "Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Kolonel Infantri H. Muhammad Syukur atas persetujuan dan keikhlasannya memberikan nama Rumah Sakit Jiwa Daerah dengan nama almarhum Bapak Kolonel Infantri H. Muhammad Syukur digunakan menjadi nama Rumah Sakit Jiwa di Provinsi Jambi," ucap Gubernur Al Haris.


"Saat ini kita terus berupaya untuk meningkatkan tipe dari tipe B ke tipe A, contoh rumah sakit Raden Mattaher kita terus berupaya dan dorong, dokternya sudah banyak yang spesialis dan sekarang ini alat-alat kesehatan sudah mulai banyak masuk, pada tahun 2025 masih banyak alat-alat kesehatan yang perlu kita lengkapi, tujuan utama adalah jangan adalagi warga Jambi yang berobat diluar negeri seperti Singapura, Malaysia. Rumah sakit di Jambi ini sudah bisa, sudah lengkap," pungkas Gubernur Al Haris.


Sementara itu, Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Daerah H.M. Syukur Jambi Drg. Iwan Hendrawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Al Haris berserta dinas kesehatan yang terkait, atas support dan dukungan dalam pengembangan dan pelayanan di rumah sakit RSJD H. M. Syukur ini. "Kedepannya rumah sakit ini sudah bisa bertransformasi, maka stigma hanya melayani jiwa saja, itu berubah, bahwa kedepan sudah ada pelayanan umum. Kita sudah ada ruangan operasi serta semua pelayanan ada didekat kita ini, semua ini berkat dukungan semua dokter kita yang ada," ujar Drg. Iwan Hendrawan.


"RSJD menyediakan berbagai layanan kesehatan jiwa, termasuk klinik rawat jalan dan rawat inap untuk berbagai kelompok usia dan kondisi, juga menyediakan layanan BPJS,” tambahnya.